Bermimpi untuk menjadi ratu sehari dalam pagelaran istimewa seperti pernikahan adalah impian semua wanita. Bagi beberapa wanita bahkan sedari kecil sudah menyiapkan bentuk dan siluet gaun pengantin mereka untuk hari istimewa tersebut. Namun, terbayangkan sudah sekarang saat hari itu akan tiba.


Memilih gaun yang tepat ternyata cukup menyita waktu, mimpi yang dulu sudah Anda rancang sedemikian rupa ternyata sulit dalam mewujudkannya.

Tenang, jangan terburu kepanikan. Memilih gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit tidak sesulit yang dibayangkan. Pada awalnya memang terasa membebani, dengan berbagai pilihan yang tersedia, banyaknya warna yang dapat disesuaikan juga dengan tema pesta, atau malah Anda salah satu yang ingin mengikuti tren. Untuk itu kami berikan beberapa jadwal agar pemilihan gaun berjalan dengan lancar sebelum Hari H, sehingga dapat mengurangi beban pikiran untuk hari terpenting Anda.

12 bulan

Bila Anda telah menentukkan tanggal dan hari pernikahan persiapkanlah gaun minimal dua belas bulan sebelum hari istimewa tiba. Mengapa? Karena tidak semua gaun yang Anda pesan atau pinjam selalu akan mengikuti bentuk tubuh Anda. Ini memungkinkan vendor yang telah Anda pilih mengukur kembali saat gaun tersebut akan siap digunakan. Membeli ataupun menyewa sama saja, semua ini dapat diukur dari anggaran yang telah ditetapkan bersama. Dan kebutuhan Anda atas gaun tersebut. Siapkan tema apa yang akan digunakan pada hari pernikahan, kini saatnya untuk memilih model gaun dan warna yang dapat diserasikan dengan tema. Konsultasikan dengan teman yang sudah menikah ataupun keluarga untuk hasil terbaik, jangan segan untuk berkonsultasi pada ahlinya.

11-8 bulan

Setelah Anda menentukan vendor yang akan dipakai pada hari istimewa susunlah jadwal pertemuan dan fitting gaun yang telah Anda pilih. Biasanya vendor memberi keleluasaan bagi para calon mempelai dalam pemilihan gaun. Customer service dari bridal biasanya telah terlatih dalam menyesuaikan bentuk tubuh, warna kulit dan detail gaun yang terbaik untuk ditampilkan pada hari bahagia Anda. Telitilah pada setiap gaun yang Anda coba. Sesuaikan pula dengan asesoris yang dimiliki, misalkan Anda telah memiliki sepatu yang senada dengan gaun pertama atau kalung yang cocok bila dipakai dengan gaun kedua. Tak ada salahnya mencoba memadu padankan dengan berbagai jenis gaun yang ada, namun tetap harus menyesuaikan dengan ukuran tubuh Anda, dan untuk kesekian kalinya mintalah pendapat dari pasangan dan kerabat dekat. Pilih setidaknya 3-4 gaun yang dapat menjadi acuan Anda dan bandingkan kelebihan dan kekurangannya.

7-5 bulan

Pada jadwal pertemuan pertama yang telah ditentukan, jangan lupa untuk membawa barang-barang sederhana seperti sepatu yang akan digunakan pada hari H dan pakaian dalam sebagai penunjang, walau terkesan simpel namun barang-barang ini akan sangat sempurna melengkapi hasil akhir dari pemilihan gaun. Bila gaun telah Anda pilih, cobalah untuk mengenakannya, berkacalah, coba berjalan didalamnya dan bergayalah, biarkan pasangan Anda mengabadikan momen ini. Untuk sesaat, pasti Anda berpikir ini hanya untuk lelucon, namun dari beberapa foto yang telah diambil Anda bisa mengingat bagaimana tampilan Anda saat menggunakannya dan membandingkannya lagi setelah sampai di rumah. Temukan kenyamanan dan ketidaknyamanan Anda pada koleksi gaun yang telah dipilih. Untuk jadwal pertemuan selanjutnya Anda tinggal memastikan bahwa ukuran badan Anda tidak naik atau malah menyusut. Bila memang Anda berkeinginan untuk menyusutkan berat badan, tentukan dari awal, agar nantinya Anda tidak kesulitan dalam fitting karena harus bolak balik mengganti ukuran.

3 minggu

Untuk fitting terakhir, jangan lupa untuk mengajak teman Anda untuk membantu dalam kelengkapan pada hari H. Bila masih ada hal yang mengganjal katakan pada customer service yang selama ini membantu Anda. Pastikan bahwa semua yang telah Anda pesan disiapkan sebelum tiba saat pengambilan. Siapkan lebih awal jadwal untuk pencucian baju Anda sebelum dan sesudah hari pernikahan Anda. Carilah dry cleaning yang terbiasa mencuci gaun pengantin. Jangan sampai baju yang telah Anda beli hancur hanya karena salah pencucian, jangan sampai terjadi juga baju yang disewa rusak karena keteledoran. Persiapkan dan pastikan.

H-2

Saatnya mencoba gaun untuk terakhir kalinya, kali ini fitting dilakukan di rumah, jadi tak perlu sungkan untuk berkeliling rumah sambil memakai gaun pengantin Anda. Ingat di dalam rumah bukan di komplek rumah, bila tidak ingin ditertawakan tetangga. Sambil membayangkan altar yang sakral, pastikan Anda mengingat bagaimana harus melangkah, berpijak dan berputar. Hal ini dapat mengurangi kecanggungan Anda pada saat berjalan di pelaminan. Saat tiba hari yang ditunggu-tunggu, sambil Anda mempersiapkan riasan, bukalah cover pada gaun pengantin Anda dan diangin-anginkan, hindari makanan atau segala hal yang berbau menusuk agar kondisi gaun pengantin segar saat Anda gunakan. Selamat mencoba!

 

Sumber: weddingku.com